Minggu, 16 Oktober 2011

FPGA

Biasanya siih gw kalo ada tugas nulis di blog tinggal copas dari blog tetangga berhubung gw lagi mutt buat ngetik maka’a gw baut tugas ini sendiri.. Udah lah gak usah banyak basa-basi lagi kasian yang baca ntar malah kepanjangan..
hahaha
1. Apa Itu FPGA
Pada awal gw belajar FPGA banyak pertanya dalam fikiran gw tapi lambaat laun akhir’a gw makin binggung dengan maka kuliah ini,,, !@##$$%%%^^&&**(&^^%%^&*,,, udah mulai kita bahas jaa lah FPGA itu apa??  FPGA atau nama aslinya adalah Field Programmable Gate Array artinya yang gw tau adalah rangkaian gerbang logika / digital yang terkoneksi satu dengan yang laen nya yang dapat di program berulang- ualng,, yang kurang lebih gitulah artinya.  FPGA itu bentunya seperti IC tapi bukan IC kata bu DWI siih gitu dosen yang paling baik sampe klo nguap di suruh diri padahalkan itu manusiawi,, hahahaha…………
FPGA dapat dipakai sebagai : Asic,, Microprosesor,, accelerasi hardware,, dan lain – lain lah,,
Pabrik yang memproduksi FPGA yang terbesar ada 5: Xilinx yang saya gunakan untuk praktikum,, Altera ,, Lattice,, Actel terus sama Quicklogic..
Nah ini yang perlu di pahami komponen umum pada FPGA :
1.  Configure Logic Blocks (CLB). Bisa dikatakan, bagian inilah yang akan memproses segala bentuk rangkaian logika yang dibuat oleh user/pemakai.
2.  I/O Blocks. Sebagai interface antara external pin dari device dan internal user logic
3.  Programmable Interconnect. Bagian ini berisi wire segments dan programmable switches, selain itu bagian ini juga akan menghubungkan antara CLB satu dengan CLB lainnya.
naaah itu komponen umum dari FGPA.. Lanjut
Nah sekarang kita bahas cara kerja dari FPGA agak serius yaaa..
Sebuah FPGA tersusun dari sebuah bagian bernama”logic-cell atau CLB yang kemuadian pada perkembangan nya saling teruhubung satu sama lain yaa sama lah kaya penjelalas dari CLB , nah kumpul CLB ini yang berjumlah ratusan gahkan ribuan akan membentuk suatu fungsi yang komploks,, sekarang kita jabarkan CLB,, CLB mempunyai beberapa bagian yaitu:
1. Look Up Table (LUT) merupakan sejenis RAM (Random Acces Memory) yang berkapasitas kecil. Di dalam FPGA, LUT ini memegang peranan penting dalam proses implementasi fungsi-fungsi logika. Selain itu, LUT ini berciri khas memiliki input sejumlah 4 buah.
2. D Flip Flop. Seperti yang diketahui, flip-flop (Bistable Multivibrator) dalah suatu rangkaian sel biner yang memiliki dua buah output yang saling berkebalikan keadaannya (0 atau 1). Di dalam FPGA, terdapat sebuah jenis flip-flop yaitu D flip-flop atau Data flip flop. Rangkaian D flip-flop ini berfungsi sebagai rangkaian logika sekuensial dimana di dalamnya terdapat peralatan memori dan pewaktu.
3. Multiplekser 2 ke 1. Sebuah multipleser adalah piranti digital yang bekerja sebagai switch (saklar) yang menghubungkan data dari n masukkan ke sebuah keluaran. Multiplekser berfungsi untuk memilih beberapa input untuk hanya menjadi 1 output saja. Di dalam FPGA, terdapat rangkaian multiplekser 2 ke 1 yang artinya, multiplekser tersebut memiliki 2 buah input dan 1 buah output.
Setiap logic cell tersebut dapat dihubungkan dengan logic cell lainnya melalui jalur/koneksi yang ada. Setiap cell hanya mampu bekerja secara sederhana dan ringkas, Namun bila antara satu cell saling terhubung satu sama lain sebuah fungsi-fungsi logika yang kompleks pun dapat terbentuk.
naaah iyu bagian dari CLB,,
naaah ini pembahasan terakhir udah cape ngetik gak ada inspirasi,, haahaha
mualai jaaaa..
Suatu rancangan rangkaian dapat diimplementasikan ke dalam FPGA menggunakan 2 metode yaitu:
1. Metode menggunakan gambar (schematic)
2.  Metode menggunakan Bahasa Deskripsi Perangkat Keras (Hardwere Description Language/HDL).
Metode Menggunakan Gambar (Schematic)
Suatu rancangan rangkaian dapat diwujudkan ke dalam FPGA dengan cara menggambar skema rangkaian tersebut. Penggambaran skema rangkaian gambar tersebut dapat dilakukan pada perangkat lunak (software) yang biasanya disertakan dalam setiap pembelian FPGA. Misalnya software Quartus dan Max+Plus untuk FPGA milik Altera. Sedangkan FPGA buatan Xilinx dengan perangkat lunaknya yakni ISE WebPack. Selanjutnya, skema rangkaian digambar dengan cara membuat tiap komponen serta jalur-jalur yang menghubungkan komponen-komponen tersebut menjadi satu kesatuan. Hingga akhirnya tercipta gambar skema rangkaian yang utuh. Metode ini terbilang mudah dan efektif terutama bila dipakai untuk skema rangkaian yang sederhana serta tidak memiliki jalur-jalur yang rumit.
yaaa terimakasih yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar